NasionalPolitik

Dinas Dukcapil Bantul Raih Sertifikat ISO 9001:2015

401
×

Dinas Dukcapil Bantul Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNTT, BANTUL — Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul kembali melaksanakan penilaian ISO, Rabu (13/09/2017). Penilaian kali ini terkait Resertification Transition ISO 9001:2015.

Kegiatan dimulai dengan open meeting yang dibuka oleh Sekda Bantul, Riyantono dan dihadiri seluruh tim ISO Dinas Dukcapil Bantul serta tim auditor. Tim auditor berasal dari NQA Indonesia, di antaranya Subandi dan Mohammad Tarmizi.

Atas dilaksanakannya kegiatan ini, Sekda Bantul Riyantono mengucapkan selamat datang kepada tim penilai sekaligus apresiasi kepada Dinas Dukcapil Bantul. Sebelumnya, OPD ini telah meraih ISO 9001:2008 pada tahun 2015.

Hal senada disampaikan Bupati Bantul, Suharsono, yang hadir pada sesi close meeting. “Terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Dukcapil yang telah bekerja keras dan mempunyai konsistensi untuk menerapkan ISO 9001:2015”, jelas Suharsono.

Menurutnya, pencapaian ISO ini menunjukan sinergi dan kebersamaan seluruh potensi di Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul.

Menanggapi apa yang disampaikan Bupati, Kepala Dinas Dukcapil Bambang Purwadi Nugroho menyampaiakan ucapan terima kasih atas komitmen dan kerjasama semua pihak sehingga OPD yang dipimpinnya mendapatkan pencapaian ini.

“Ucapan terima kasih terutama kepada Bapak Bupati Bantul selaku pimpinan tertinggi di kabupaten atas komitmen dan perhatiannya kepada pelayanan Adminduk. Juga kepada pimpinan OPD yang terlibat baik langsung maupun tidak”, papar Bambang.

Bambang berharap, melalui ISO ini akan lebih mendorong instansi yang dipimpinnya untuk selalu meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Secara garis besar, proses penilaian dimulai dengan melakukan audit dari top manajemen, yaitu Kepala Dinas Dukcapil, berlanjut pada Manajer Representatif  Sekretariat ISO 9001 : 2015  Sri Nuryanti, lalu Sekretariat dan Bidang-Bidang. Setelah itu, tim auditor menyusun laporan dan disampaikan pada sesi close meeting.

Close meeting diawali pemaparan hasil audit oleh tim auditor, dan diakhiri dengan pengumuman hasil. Salah satu anggota tim auditor, Subandi, dalam laporannya menyatakan ditemukan 8 catatan yang harus segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki dalam satu minggu kedepan.

“Catatan ini bukanlah catatan mayor, sehingga  tim auditor menyatakan Dinas Dukcapil layak untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 dan dinyatakan lulus”, ungkap Subandi.

Di akhir sesi, secara simbolis diserahkan  bukti  tanda  kelulusan Resertification Transition ISO 9001:2015 oleh tim auditor kepada Bupati Bantul didampingi Kepala Dinas Dukcapil. (dukcapil.kemendagri.go.id)

Comment

https://gawai.co/docs/pkv-games/ https://gawai.co/docs/dominoqq/ https://gawai.co/docs/bandarqq/